Kelurahan Banjarsari menghelat pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari yang merupakan program pemanfaatan perkarangan rumah sebagai lahan untuk tanaman pangan yang terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga maupun menambah penghasilan keluarga. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam Program Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahun Anggaran 2021 yang bersifat pemberdayaan masyarakat, yang diadakan pada tanggal 2-3 Desember 2021 di Aula Kelurahan Banjarsari.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi Perekonomian Kecamatan Metro Utara ibu Siyem, mewakili Camat Metro Utara. Dalam sambutannya, ibu Siyem menyampaikan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru dan nilai tambah dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari unsur PKK, Posyandu dan KWT. Materi pelatihan disampaikan oleh PPL Pertanian Kelurahan Banjarsari Utami Ningsih, S.T.P. untuk hari pertama dan Ibu Dany di hari kedua. Para peserta selain diberi materi pengetahuan, juga diberi bibit sayur-sayuran untuk dapat langsung ditanam di halaman rumah masing-masing, guna mempraktekan materi yang sudah didapat di pelatihan.

Kegiatan ditutup oleh Lurah Banjarsari Erwin Syarief, S.E. yang dalam kata penutupnya mengharapkan agar materi yang didapatkan dapat diaplikasikan di tempat masing-masing sehingga dapat memberi manfaat sesuai yang diharapkan sebagai sumber pangan maupun ekonomi rumah tangga. Selain itu peserta juga diharapkan dapat menjadi contoh dan membagi pengetahuan bagi lingkungan sekitar dalam hal pemanfaatan perkarangan rumah agar lebih memberikan hasil yang maksimal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.